jump to navigation

THE TOYOTA WAY July 23, 2008

Posted by aororaoperations in Operational Excellence.
trackback

4 P Toyota Philosophy
Di tingkat yang paling fundamental, para pemimpin Toyota melihat perusahaan sebagai sebuah sarana untuk memberi nilai tambah bagi prlanggan, masyarakat, komunitas dan juga karyawan. Hal ini menjadi fondasi bagi semua prinsip yang lain
Process
Para pemimpin Toyota belajar melalui bimbingan dan pengalaman bahwa jika mereka mengikuti proses yang benar, mereka akan memperoleh hasil yang benar. Sebagian akan langsung menambah profit tetapi sebagian lainnya merupakan investasi jangka panjang akan menghasilkan pengurangan biaya dan peningkatan kualitas
People and Partner
Berilah nilai tambah pada organisasi anda dengan memberi tantangan pada karyawan dan perusahaan mitra anda untuk bertumbuh. Toyota Production System (TPS) disebut sebagai sistem “rasa hormat pada kemanusiaan” karena tidak hanya menciptakan lingkungan yang bebas tekanan, namun juga lingkungan yang menantang untuk memaksa orang berpikir dan bertumbuh
Problem Solving
Pecahkan akar permasalahan secara terus-menerus untuk mendorong pembelajaran organisasional. Ketika sesorang belajar suatu pelajaran penting, mereka diharapkan membagi dengan orang lain yang menghadapi masalah yang sama, sehingga perusahaan dapat belajar
Filosofi sebagai fondasi

  • Ambil keputusan manajemen Anda berdasarkan filosofi jangka panjang, walaupun itu mengorbankan tujuan keuangan jangka pendek

Proses yang benar akan menghasilkan hasil yang benar

  • Ciptakan proses yang mengalir secara kontinu untuk mengungkapkan masalah ke permukaan
  • Gunakan sistem “tarik” untuk menghindari produksi berlebih
  • Ratakan beban kerja (bekerja seperti kura-kura, jangan seperti kelinci)
  • Bangun budaya menghentikan proses untuk menyelesaikan masalah, demi memperoleh kualitas yang baik sejak awal
  • Pekerjaan dan proses yang terstandarisasi adalah fondasi dari perbaikan berkesinambungan dan pemberdayaan karyawan
  • Gunakan pengendalian visual agar tidak ada masalah yang tersembunyi
  • Gunakan hanya teknologi andal yang sudah benar-benar teruji untuk membantu karyawan dan proses Anda

Menambah nilai organisasi dengan mengembangkan karyawan dan perusahaan mitra anda

  •  Tumbuhkan pemimpin yang bebar-benar memahami pekerjaannya, menjiwai filosofi dan mengajarkannya kepada orang lain
  • Ciptakan individu dan tim yang memiliki kemampuan istimewa, yang menganut filosofi perusahaan Anda
  • Hormati jaringan mitra dan pemasok Anda dengan memberi tantangan dan membantu mereka melakukan perbaikan

Menyelesaikan akar permasalahan secara terus-menerus mendorong pembelajaran organisasi

  • Pergi dan lihat sendiri untuk memahami situasi sebenarnya
  • Ambil keputusan secara perlahan melalui konsensus, pertimbangkan semua pilihan itu dengan seksama, kemudian implementasikan keputusan itu dengan sangat cepat
  • Menjadi organisasi pembelajar melalui refleksi diri yang tanpa kompromi dan perbaikan yang berkesinambungan

Definisi Tujuan Perusahaan



Jenis Pemborosan
1. Produksi berlebih (overproduction)

Memproduksi sesuatu lebih awal atau dalam jumlah lebih besar daripada yang dibutuhkan oleh pelanggan

2. (Waktu) menunggu

Pekerja hanya mengamati mesin otomatis, menunggu tahap selanjutnya, menunggu alat, pasokan, komponen, kehabisan material, keterlambatan proses, kerusakan mesin, bottleneck kapasitas

3. Transportasi atau pengangkutan yang tidak perlu

Memindahkan barang dalam proses (work in process / WIP) daru satu tempat ke tempat lain

4. Pemrosesan secara berlebih atau keliru

Gerakan yang tidak perlu dan barang yang cacat akibat alat dan rancangan produk yang buruk, pemborosan ketika membuat produk dengan kualitas lebih tinggi dari yang diperlukan

5. Persediaan berlebih

Lead time panjang (keterlambatan), barang kadaluarsa, barang rusak, peningkatan biaya transportasi dan penyimpanan, menyembunyikan ketidakseimbangan produksi

6. Gerakan yang tidak perlu

Gerakan yang tidak memberi nilai tambah pada komponen, seperti meraih, mencari, menumpuk komponen, berjalan

7. Produk cacat

Perbaikan atau pengerjaan ulang, barang rongsokan, memproduksi barang pengganti, inspeksi yang sia-sia (waktu, tenaga)

8. Kreativitas karyawan yang tidak dimanfaatkan

Hilangnya waktu, ide, keterampilan, peningkatan dan kesempatan belajar karena tidak melibatkan atau mendengarkan karyawan








Penyebab Kesalahan

  • Penyimpangan dari metode pekerjaan yang telah ditetapkan (pekerjaan harus distandarisasi sebelum mengusahakan poka yoke / pengoreksi kesalahan)
  • Kehilangan komponen (atau komponen dari pekerjaan)
  • Komponen yang tidak tepat (perhatikan komponen yang dapat saling tertukar)
  • Setup yang salah (alat atau setting yang salah)
  • Kesalahan dalam informasi atau dokumentasi
  • Kesalahan dalam urutan mengetik (perhatikan rentetan nomor yang panjang)
  • Salah menginterprestasikan kesalahan mengetik (cari deskripsi, nomor dan tampilan yang serupa)
  • Mengenali kesalahan tetapi gagal memisahkannya atau memperbaikinya

 









Disarikan Oleh Yanto dari buku “Toyota Way” (Jeffrey K. Liker)
(Aorora)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: