jump to navigation

Sparking Creativity at Ferrari March 28, 2009

Posted by aororaoperations in Operational Excellence.
trackback

 6-novitec-ferrari-f430

Latar Belakang
•Ferrari banyak dikenal sebagai perusahaan dengan “Cutting Edge Car” nya
•Ferrari dikenal juga dengan pendekatan kreatifnya terhadap kreatifitas
•Saat banyak perusahaan banyak melakukan investasi dengan cara melakukan training terhadap karyawannya Ferrari melakukan suatu pendekatan yang berbeda, yaitu dengan menciptakan kreatifitas untuk karyawannya yang membuat karyawannya menjadi kreatif.

Landasan teori
Kreatifitas
Kreatifitas didefinisikan sebagai sebuah kombinasi ide yang ada. Kreativitas dapat datang dari lubuk hati dan sadar kegiatan mental. Kreativitas tidak perlu logika, sering tidak terduga, terkadang misterius

Darimana kreativitas berasal?
Kreatifitas berasal dari seorang individu dalam berinteraksi dengan alam (dunia fisik dan dunia biologis) dalam menyelesaikan suatu masalah, memahami sebuah fenomena, atau mengekspresikan perasaan.
Hasil kreatifitas harus dikomunikasikan,agar diakui dan dihargai oleh para ahli dan oleh masyarakat.

Bagaimana menciptakan kebiasaan agar kreatif?
Dengan cara :
•Imagination
•Vision
•A Mental Picture
•Courage
•Taking risk
•Patience
•Exploring
•Playfulness
•Positive thinking

Membaca buku dan belajar meningkatkan pengetahuan kita,kita perlu meningkatkan pengalaman belajar untuk meningkatkan kreativitas. Belajar dari Alam melalui umpan balik interaktif adalah metode pembelajaran secara ilmiah.dan dapat diterapkan terhadap berbagai macam bidang studi dan ilmu

Kreativitas adalah inputan awal untuk energy yang lebih besar

picture1

 

Hakekat kreatifitas :
Kreativitas adalah kemampuan untuk memproduksi new intellectual property dari ide-ide kita sendiri yang dirangsang melalui:
•Feedbacks Interaktif dengan Alam.
•Keseimbangan perkembangan IQ dan EQ.
•Keberanian untuk menempatkan kreativitas kita dalam praktek
•Mencari tantangan bukan hanya kenyamanan hidup
(Joseph R. Professor and Dean Emeritus, University of Alaska Fairbanks) 

Hubungan kreatif dan Perusahaan/Company

Dalam sebuah perusahaan asset yang paling penting adalah bukan bahan baku, transportasi, sistem politik atau influence.yang paling penting adalah modal kreatifitas, bagaimana kreatifitas dapat dihasilkan dari pemikir yang ide-ide kreatif dalam bentuk produk bernilai, atau servis.Karyawan kreatif merupakan pelopor teknologi baru, kelahiran baru industri dan daya pertumbuhan ekonomi
Membantu Pekerja/karyawan menjadi Luar Biasa

Orang kreatif bekerja karena mereka menyukai tantangan. mereka merindukan perasaan yang berasal dari Prestasi dalam memecahkan teka-teki, baik teknologi, seni, sosial atau logistik.dan mereka ingin melakukan pekerjaan dengan baik.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Informationweek terhadap  puluhan ribu karyawan menegaskan bahwa sumber utama motivasi adalah TANTANGAN dan itu diatas gaji, pangkat dan insentif keuangan lain sebagai sumber utama motivasi. Sebagai contoh SAS mengembangkan product knowledge management system dan membentuk posisi Sales Engineer. Yang pekerjaannya adalah menjawab pertanyaan staff dan menyelesaikan masalah teknis, sehingga sales reps dapat melewatkan lebih banyak waktu dengan mengurangi waktu dalam menjelaskan spesifikasi product.

Perusahaan juga menganjurkan pegawai menulis artikel dan buku untuk kemudian mempresentasikan pengetahuan mereka.

Cara lain yang dilakukan SAS untuk mempertahankan karyawannya dengan melakukan updating terhadap peralatan kerja mereka dengan peralatan yang lebih maju/modern,sehingga para karyawan tidak merasa bosan.

Mengurangi perselisihan . Dalam ekonomi kreatif, waktu adalah yang utama. dan ketika orang-orang kreatif merasa ter tantang, mereka tidak mau terlalu bergumuldengan rintangan /hambatan yang tak perlu.

Kenyataannya perusahaan tidak hanya berfikir tentang keuntungan saja tetapi bagaimana membuat karyawan lebih produktif , karena hal ini akan mengurangi ongkos perusahaan dalam hal seleksi Recruitment dan Replacement yang mana hal itu akan membutuhkan biaya.

Semua orang adalah kreatif

Tidak banyak perusahaan yang menempatkan nilai yang tinggi terhadap kultur kerja seperti yang dilakukan oleh SAS, disana tidak terdapat dikotomi antara kecocokan /keseuaian dengan kreatif karena semua orang yang ada disana adalah kreatif.

Menjaga kepuasan pelanggan

Kreatifitas ditimbulkan setiap kali pegawai SAS dan pelanggan berinteraksi. konsultan dan staf bantuan teknik tidak hanya menyelesaikan masalah, mereka bekerjasama dengan user untuk menciptakan solusi-solusi baru. orang penjualan tidak hanya menjual Software , mereka membuat hubungan jangka panjang dan proses belajar ,untuk lebih mengenali tentang kebutuhan klien mereka

Ada hal yang dapat ditunjukkan SAS. Yaitu bagaimana perusahaan lain dengan cepat dapat mengatur ulang cara mereka mengelola karyawan kreatif mereka dengan menentukan bagaimana kita dapat melakukan transisi ke jaman kreatif (By Richard Florida and Jim Goodnight)

The Effects of Creativity and Role of Information System on the Innovation, Marketing Performance, and the Sustainable Competitive Advantage of Pharmaceutical Companies in East Java Province

Dasar fundamental sukses jangka panjang suatu perusahaan adalah prestasi dan keberlanjutan keunggulan bersaingnya. Tentu saja, pemahaman terhadap sumber daya dan perilaku perusahaan yang dipastikan mendorong ke arah keunggulan bersaing berkelanjutan dianggap sebagai isu pokok di dalam strategi pemasaran. Keunggulan bersaing adalah berkelanjutan ketika perusahaan lain tidak mampu untuk meniru keunggulan-keunggulan dari strategi ini atau sepanjang strategi yang unik menyediakan nilai tambah bagi pelanggan, dan pesaing tidak dapat menemukan cara untuk menirunya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kreativitas terhadap inovasi dan kinerja pemasaran, pengaruh inovasi dan peranan sistem informasi terhadap kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan, serta pengaruh kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan farmasi di Provinsi JawaTimur
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap inovasi perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur. Secara teoritis temuan ini mengandung makna bahwa kreativitas merupakan anteseden fundamental yang berperan penting bagi terciptanya inovasi perusahaan farmasi. Semakin tinggi kreativitas perusahaan farmasi, akan semakin inovatif perusahaan farmasi tersebut. Kreativitas berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap kinerja pemasaran perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur.

Secara teoritis temuan ini mengandung makna bahwa kreativitas merupakan anteseden fundamental yang berperan penting bagi terciptanya kinerja pemasaran perusahaan farmasi. Semakin tinggi kreativitas perusahaan farmasi, akan semakin meningkat kinerja pemasarannya. Inovasi berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap kinerja pemasaran perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur.

Secara teoritis temuan ini mengandung makna bahwa inovasi merupakan instrumen penting untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan farmasi. Semakin tinggi inovasi perusahaan farmasi, akan semakin meningkat kinerja pemasarannya. Peranan sistem informasi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur. Secara teoritis temuan ini mengandung makna bahwa hubungan kausal antara peranan sistem informasi dengan kinerja pemasaran bersifat kompleks, dan masih terbuka peluang untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Inovasi berpengaruh tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan farmasi. Namun demikian, melalui kinerja pemasaran, pengaruh tidak langsung inovasi terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan farmasi adalah signifikan dan positif, atau dengan kata lain melalui mediasi kinerja pemasaran, pengaruh yang signifikan dan positif antara inovasi dengan keunggulan bersaing berkelanjutan akan muncul. Secara teoritis temuan ini mengandung makna bahwa hubungan kausal antara inovasi dengan keunggulan bersaing berkelanjutan bersifat kompleks, dan masih terbuka peluang untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Peranan sistem informasi berpengaruh tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur. Secara teoritis temuan ini mengandung makna bahwa hubungan kausal antara peranan sistem informasi dengan keunggulan bersaing berkelanjutan bersifat kompleks, dan masih terbuka peluang untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Kinerja pemasaran berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur. Secara teoritis temuan ini mengandung makna bahwa kinerja pemasaran merupakan instrumen penting untuk meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan farmasi. Semakin tinggi kinerja pemasaran perusahaan farmasi, akan semakin meningkat keberlanjutan keunggulan bersaingnya. Tujuan perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur melibatkan penggunaan sistem informasi adalah untuk menghemat pengeluaran atau biaya-biaya perusahaan (reducing the cost by saving money), dalam arti kata bahwa sistem informasi pada perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur masih belum berperan strategis di dalam meningkatkan kinerja pemasarannya.

Sistem informasi pada perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur masih berfungsi sebagai penunjang perusahaan (kinerja perusahaan farmasi tidak bergantung pada sistem informasi) dan tidak memiliki potensi yang besar di dalam memberikan keunggulan bersaing berkelanjutan. Secara umum, sistem ini tidak memberikan kontribusi penting bagi terciptanya keunggulan bersaing berkelanjutan, namun keberadaannya dibutuhkan sebagai medium penunjang kegiatan administrasi. Kreativitas berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap inovasi dan kinerja pemasaran perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur. Inovasi berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan melalui kinerja pemasaran, inovasi juga berpengaruh signifikan dan positif terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur. Kinerja pemasaran juga berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur. Semakin tinggi kreativitas perusahaan farmasi, akan semakin inovatif dan meningkat kinerja pemasarannya. Semakin tinggi inovasi perusahaan farmasi, akan semakin meningkat kinerja pemasarannya. Semakin tinggi kinerja pemasaran perusahaan farmasi, akan semakin meningkat keunggulan bersaingnya

Penelitian ini menemukan bahwa inovasi berpengaruh tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan, dan peranan sistem informasi juga berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan farmasi. Ketika temuan tidak signifikan dari penelitian ini dihadapkan dengan temuan signifikan dari penelitian sebelumnya, hal ini mengandung makna bahwa hubungan kausal antara inovasi dengan keunggulan bersaing berkelanjutan maupun peranan sistem informasi dengan kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan bersifat kompleks, dan masih terbuka peluang untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini menemukan bahwa melalui kinerja pemasaran, pengaruh tidak langsung inovasi terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan farmasi adalah signifikan dan positif, atau dengan kata lain melalui mediasi kinerja pemasaran, pengaruh yang signifikan dan positif antara inovasi dengan keunggulan bersaing berkelanjutan akan muncul. Berdasarkan temuan penting penelitian ini, maka untuk menciptakan dan meningkatkan prestasi keberlanjutan keunggulan bersaingnya disarankan perusahaan farmasi di Provinsi Jawa Timur untuk lebih memprioritaskan kinerja atau prestasi kerja pemasaran melalui peningkatan volume penjualan, pertumbuhan penjualan, dan pertumbuhan pelanggan.

Hipotesis yang lain dapat diajukan pada penelitian lebih lanjut untuk temuan pengaruh tidak signifikan antara inovasi dengan keunggulan bersaing berkelanjutan, yaitu perusahaan dengan keunggulan bersaing yang tinggi lebih melakukan inovasi secara ekstensif dan berkelanjutan daripada perusahaan dengan keunggulan bersaing yang rendah. Hipotesis yang lain dapat diajukan pada penelitian lebih lanjut untuk temuan pengaruh tidak signifikan antara peranan sistem informasi dengan kinerja pemasaran, yaitu perusahaan dengan kinerja pemasaran yang tinggi lebih melibatkan penggunaan sistem informasi secara langsung di dalam proses penciptaan produk atau jasa (enhancing products and services by make money) daripada perusahaan dengan kinerja pemasaran yang rendah. Hipotesis yang lain dapat diajukan pada penelitian lebih lanjut untuk temuan pengaruh tidak signifikan antara peranan sistem informasi dengan keunggulan bersaing berkelanjutan, yaitu perusahaan dengan keunggulan bersaing yang tinggi lebih melibatkan penggunaan sistem informasi secara strategic (strategic information system; SIS) daripada perusahaan dengan keunggulan bersaing yang rendah. (KURNIAWAN, BAGUS PUTU YUDHIA, MARKETING – PHARMACHOLOGY)

Analisa

Ferrari  melakukan investasi tidak di dalam bidang training tetapi dalam bidang , bagaimana menciptakan trigger munculnya kreatifitas bagi karyawannya dengan dilandasi pemikiran :

  1. kreatifitas dapat menghasilkan ide-ide kreatif dalam bentuk produk bernilai, atau servis, karena Karyawan kreatif merupakan pelopor teknologi baru, inovasi dalam industrinya.
  2. Ferrari memikirkan sukses jangka panjang dalam hal prestasi dan keberlanjutan keunggulan bersaingnya. Dimana, pemahaman terhadap sumber daya dan perilaku perusahaan akan mendorong ke arah keunggulan bersaing.
  3. Kreativitas merupakan anteseden fundamental yang berperan penting bagi terciptanya inovasi perusahaan Ferrari. Semakin tinggi kreativitas perusahaan ferrari, akan semakin inovatif perusahaan Ferrari tersebut
  4. Ferrari tidak hanya berfikir tentang bagaimana meningkatkan keuntungan saja tetapi bagaimana membuat karyawan lebih produktif , karena hal ini akan mengurangi ongkos perusahaan dalam hal seleksi Recruitment dan Replacement

ferrari

Lesson To Learn
Dalam menumbuhkan suatu kreatifitas :
1.Perlu dibangun Link bagaimana menghubungkan personal Growth dengan Performance Perusahaan.
2.Menciptakan lingkungan yang menunjang terciptanya kreatifitas untuk karyawan
3.Membentuk klub-klub kreatif untuk mengenerate ide-ide dan solusi
4.Dukungan dan partisipasi Top management sangat penting dalam menciptakan budaya kreatif dalam suatu perusahaan.
5.Menciptakan tantangan-tantangan baru untuk memotivasi para karyawan agar menjadi kreatif
6.Menciptakan Keberanian karyawan untuk mempraktekkan atau merealisasikan ide kreatifnya

(By Aorora)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: