jump to navigation

Seven Habbits

Dari buku-buku yang pernah saya baca , salah satunya yang paling favorit adalah seven habbits (7 Kebiasaan manusia yang Efektif) dan pada kesempatan kali ini saya menurunkan tulisan yang diinspirasikan dari 7 habbits yang ditulis oleh Stephen R Covey tersebut, tapi sebelumya dibawah ini saya mempunyai sebuah gambar yang dapat dicermati,

 

apa yang tergambar dibenak anda saat melihat gambar diatas,..tentunya dalam gambaran anda akan melihat berbagai macam hal mungkin ada yang menyebutkan gambar orang telanjang sedang berpelukan, botol terapung, iklan minuman dan sebagainya, sedangkan untuk gambar yang disampingnya mungkin ada yang menyebutkan orang indian,.. gambar diatas merupakan ilustrasi bahwa untuk obyek yang sama dapat ditafsirkan berbagai macam hal yang berbeda. mungkin dari sini timbul pertanyaan apa sebenarnya yang melatar belakangi perbedaan tersebut, dalam bukunya yang berjudul “The 7 habbits Of Highly Effective People” Stephen covey menjelaskan tentang Paradigma/Cara pandang bagaimana cara pandang atau paradigma kita sangat mempengaruhi perilaku hidup kita, sehingga diperlukan kekuatan paradigma yang berpusat pada prinsip yang di istilahkan Covey sebagai “Prinsip utara yang benar”. Paradignma kita sangat dipengaruhi oleh latar belakang kita, dilingkungan mana kita terbentuk?, Di keluarga mana kita terbentuk? sehingga kadang-kadang kita tidak menyadari bahwa sebenarnya perilaku kita mencerminkan lingkungan dimana kita banyak berinteraksi  tersebut atau kita hidup dibawah cermin sosial, tetapi yang menarik walaupun awalnya manusia dipengaruhi oleh lingkungan pada titik tertentu dia mampu untuk merubah perilakunya bahkan mampu menulis ulang naskah hidupnya yang saya istilahkan dalam tulisan ini mengambil kemudi diri.

Karena Manusia dianugrahi kemampuan unik yang tidak dimiliki oleh makhluk Tuhan lainnya sehingga menjadi bekalnya untuk survive :

Kesadaran diri, kemampuan untuk berpikir tentang proses berpikir kita sendiri dengan kemampuan ini kita dapat belajar dari pengalaman orang lain dan pengalaman diri kita sendiri. inilah sebabnya kita dapat membentuk dan merubah/memutus kebiasaan kita.

Kehendak bebas/Free will,

Bahwa diantara Respon dan Stimulus kita ada kebebasan untuk memilih

Gambar Ilustrasi :

Imaginasi kreatif,

Kemampuan untuk mencipta didalam benak kita di luar realitas kita saat ini.

Dan Hati nurani,

Kesadaran batin yang dalam tentang benar dan salah, tentang prinsip-prinsip yang mengatur perilaku kita, dan pengertian tentang tingkat dimana pikiran dan tindakan kita selaras dengan prinsip-prinsip tersebut

                                                           (Bersambung..)

Comments»

1. akuahmadjuga - October 29, 2014

Akuahmadjuga
#akuahmadjuga
Wow


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: