jump to navigation

Tips And Reminders To Be A Great Leader

Banyak buku telah ditulis tentang kepemimpinan, dari buku yang simple sampai dengan pendekatan yang komprehensif, dari yang duniawi sampai ke rohani. Kita semua dapat mengenal seorang pemimpin yang hebat ketika kita bertemu dengannya. Mereka tampaknya lebih menonjol dibandingkan dengan yang lainnya. Mereka memiliki kepercayaan diri yang lebih. Beberapa menyebutnya karisma. Tetapi karisma adalah abstrak. Bagaimana seseorang “menciptakan” sebuah karisma? Apakah itu sudah ada semenjak kita lahir atau dapat dipelajari?

Banyak sekali yang telah menulis tentang hal itu. Kita masih belum dapat mengambil kesimpulan yang pasti. Tetapi, mari kita mempelajari lebih lanjut beberapa aspek dari kepemimpinan tentang apa yang membuat atau yang menghancurkan seorang pemimpin.

Apakah itu Kepemimpinan (Leadership)?

Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk menginspirasi dan mempengaruhi orang lain untuk mencapai sebuah tujuan yang umum sehingga orang-orang bersedia untuk melakukan yang terbaik dalam diri mereka untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan.

Salah satu pertanyaan yang umum dipertanyakan dalam seminar saya adalah “Apakah perbedaan antara seorang manajer dengan seorang pemimpin?”. Tanpa masuk lebih dalam lagi.. Anda dapat ditunjuk sebagai seorang manajer. Tetapi Anda adalah seorang pemimpin jika kepribadian Anda dikenal dan diterima oleh orang-orang yang Anda pimpin.
Tetapi, kepemimpinan adalah cara Anda berprilaku, bukan sebuah penujukan. Kepemimpinan adalah sebuah pengakuan dan penghormatan yang diperoleh. Anda dapat memaksa seseorang untuk mematuhi Anda. Anda bahkan dapat memaksa seseorang untuk takut kepada Anda. Tetapi Anda tidak dapat memaksa seseorang untuk menghargai Anda. Rasa hormat tidak dapat dipaksakan. Kepemimpinan adalah rasa hormat yang Anda peroleh.

Bagaimana Anda Memperoleh Rasa Hormat
Dari Orang-Orang Yang Anda Pimpin?

Selain dari kualitas yang biasanya seperti memiliki sebuah visi yang jelas, kemampuan untuk memilih orang yang tepat untuk bekerja dalam tim, kemampuan untuk memotivasi orang, kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang sulit dalam keadaan tertekan, pemimpin harus menempatkan kepercayaan dan prinsip yang tinggi. Pemimpin yang hebat tampaknya memiliki kemampuan untuk melakukan perbuatan yang tepat dan dalam waktu yang tepat. Mengapa? Bagaimana? Apakah itu sebuah insting? Bagi orang lain, tampaknya seperti itu. Tetapi sering kali pemimpin mengikuti beberapa prinsip dasar. Mereka sangat jelas akan apa yang benar dan apa yang salah; apa yang baik dan apa yang tidak. Dalam waktu dimana keputusan yang sulit harus diambil, nilai-nilai dan prinsip bergerak sebagai kompas yang menolong pemimpin untuk mengambil suatu keputusan yang sulit. Oleh karena itu, keadaannya mungkin berbeda, tetapi prinsip-prinsip dan nilai-nilai itu yang menolongnya dalam pengambilan keputusan itu tetap konsisten.

Salah satu kualitas penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah:

1.Seorang Pemimpin Harus Memiliki Ego yang Sehat.
Seseorang yang memiliki ego yang sehat adalah seseorang yang memiliki harga diri yang tinggi
.

“A mind that distrusts cannot bring out the best in others.”

Seorang pemimpin dimana tujuan utamanya adalah untuk membuktikan bahwa dirinya benar dan orang lain salah pasti tidak dapat mengeluarkan potensi yang terbaik dari orang lain. Dalam situasi ini, hubungan antara seorang pemimpin dan bawahannya tidak akan menjadi inspirasi. Bahkan dalam banyak kasus, hubungan tersebut akan menjadi rusak.

Pemimpin yang memiliki ego yang sehat akan berpikir: “Apakah yang benar?”
Pemimpin yang memiliki ego yang tidak sehat akan berpikir: “Siapakah yang benar?”

Pemimpin yang memiliki ego yang sehat akan berpikir: “Apakah yang harus dilakukan ?”
Pemimpin yang memiliki ego yang tidak sehat akan berpikir: “Apakah yang harus saya lakukan untuk menghindari saya terlihat buruk?”

2.Pentingnya Untuk Memiliki Ego Yang Sehat
Memiliki rasa percaya diri yang sehat atau tidak akan memiliki efek yang kuat dalam setiap aspek eksistansi Anda! Ini termasuk:

– Bagaimana Anda bersikap dalam tempat kerja Anda.
– Hubungan Anda dengan orang lain.
– Seberapa banyak yang ingin Anda capai.
– Seberapa tinggi Anda ingin bangkit.
– Seberapa tingkat kebahagiaan Anda secara personal yang ingin Anda capai.

Pemimpin dengan harga diri yang rendah dan ego yang tidak sehat akan mengalami kesulitan dalam setiap aspek eksistensi mereka, dalam pekerjaan dan juga dalam hidup. Pemimpin seperti itu tidak dapat mencapai potensi asli mereka, dan tidak dapat memimpin bawahannya untuk mencapai potensi terbaiknya.

Salam Sukses,

James Gwee.
Host of Smart Business Talk, Radio SMART FM
The World Leadership Mastery 2006

Comments»

1. Achiles...... gitu lohhhhhhhhhhhhhhhhh - December 27, 2008

thanks……i already got the new things

keep learning boy………


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: